Page 72 - XL Axiata Integrated Anual Report 2020
P. 72
70
Laporan Tahunan Terintegrasi 2020
ANALISIS & PEMBAHASAN MANAJEMEN
Peluncuran Live.On seiring dengan kondisi pasar yang semakin paham digital terutama selama periode pandemi. Namun XL Axiata tidak hanya mengedepankan aspek layanan digital, melainkan juga ingin mendefinisikan ulang bagaimana layanan telekomunikasi seharusnya dapat dinikmati. Karena pengguna layanan Telco saat ini masih dihadapi dengan sejumlah batasan dalam menikmati paket unlimited.
Sedangkan untuk terus memberikan layanan home entertainment yang terbaik dan lengkap bagi pelanggan XL HOME,
XL Axiata telah melakukan berbagai terobosan di 2020. Beberapa di antaranya adalah dengan menjalin kerja sama dengan para penyedia layanan Over-The-Top
(OTT) terkemuka di Indonesia. Untuk itu, Perseroan telah memilih Vidio sebagai salah satu partner untuk menyajikan tayangan hiburan berkelas.
Sejak diluncurkan Desember 2018 lalu, XL HOME telah mendapat sambutan yang
baik dari masyarakat. Pelanggan juga terus bertambah yang saat ini telah mencapai
70 ribu pelanggan. XL Home menyediakan layanan internet rumah fiber optik super cepat dan stabil dengan harga yang sangat terjangkau. Paket internet XL Home juga sudah dilengkapi dengan entertainment box dengan teknologi Android terbaru. Teknologi ini bisa mengubah TV biasa milik pelanggan menjadi smart TV yang bisa mengakses tayangan hiburan berkualitas tinggi seperti Netflix, CATCHPLAY+, iflix, serta saluran nasional dan internasional melalui aplikasi Vidio, hingga Youtube
dan beragam aplikasi di Google Playstore. Serta pelanggan bisa bermain game bersama melalui aplikasi AirConsole, yang menggunakan smartphone pelanggan sebagai perangkat pengendali.
Pada 2020, XL Axiata telah semakin gencar memperluas layanan XL HOME sesuai rencana. XL Home telah membangun jaringan fiber optik yang bisa menjangkau sekitar 470 ribu rumah (homes-passed). Kini XL HOME telah hadir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Malang, dan Medan.
PANDANGAN KE DEPAN
XL Axiata telah berperan besar dalam mendorong pertumbuhan Data seluler
di Indonesia beberapa tahun terakhir. Kontribusi pendapatan layanan Data yang lebih dari 80% menjadikan Perseroan berhasil memimpin di bisnis Data seluler hingga saat ini. XL Axiata meyakini fokus di bisnis ini akan menjaga posisinya sebagai operator seluler #2 di Indonesia.
Ke depan, XL Axiata akan memperluas fokus pada layanan digital dan konvergensi yang akan memberi nilai tambah lebih besar kepada pelanggan ritel dan bisnis. Sebab fokus ini selain membawa Perseroan ke level berikutnya yakni sebagai operator konvergensi dan terintegrasi #2 dalam
dua atau tiga tahun ke depan, juga akan menawarkan rangkaian konektivitas dan layanan digital yang lebih lengkap bagi pelanggan individu maupun segmen UKM/ perusahaan serta mencakup seluruh
negeri. Selain itu, XL Axiata tentunya ingin mencapai NPS tertinggi pada semua lini bisnis di pasar Telco Indonesia.
PT. XL AXIATA TBK
TRANSFORM FASTER TO EMERGE STRONGER – GIVING BACK TO THE NATION