Page 71 - XL Axiata Integrated Anual Report 2020
P. 71

  Laporan Tahunan Terintegrasi 2020
69
pelanggan, misalnya. Selain memodernisasi UI/UX (User Interface User Experience) untuk aplikasi Self Care dan distributor, Perseroan di saat yang bersamaan juga telah memperkuat back end untuk menjaga reliabilitas infrastruktur.
Sedangkan dalam hal operasional, Perseroan telah melakukan otomatisasi
proses pemantauan Teknologi Informasi (TI) dan jaringan
serta operasional keuangan tanpa kertas untuk menjadi perusahaan digital terpadu.
Lalu dalam hal interaksi
dengan karyawan, Perseroan mengoptimalkan workshop dan kolaborasi tim secara virtual untuk memastikan produktivitas karyawan tetap tinggi dengan cara kerja yang lebih efisien dan efisien. Keunggulan Operasional senantiasa menjadi DNA XL Axiata sebagai perusahaan.
Sementara arah strategi
jangka menengah-
panjang XL Axiata adalah mempercepat pelaksanaan rencana transformasi seperti hyper-automation, menjadi perusahaan digital konvergensi pertama dalam industri Telco
di Indonesia, dan sentrisitas pelanggan. Selain itu, juga memperlaju rencana investasi guna melanjutkan pertumbuhan yang kuat di Ex-Java termasuk dalam hal produk dan layanan XL Home.
RINGKASAN KINERJA
Pada 2020, upaya-upaya yang dilakukan XL Axiata secara jangka pendek telah memberi hasil kinerja yang solid. Berbagai capaian tercatat menjadi tonggak penting Perseroan, khususnya dalam menghadapi tantangan pandemi COVID-19. Di mana digitalisasi benar- benar telah mengubah interaksi XL Axiata dengan pemangku kepentingan. Baik kepada para pelanggan, mitra atau pemasok, masyarakat, maupun pemegang saham.
Dari sisi pelanggan, XL Axiata telah melakukan pembaruan aplikasi Self Care dengan hasil yang signifikan pada 2020. Hal ini terefleksi salah satunya dari AXISnet MAU (Montly Active Users) yang dapat tumbuh lebih dari 100% secara year on year atau yoy. Kemudian NPS (Net Promoter Score) di segmen remaja berada di urutan #1 dari Mei hingga Juli 2020.
Selain itu, aplikasi MyXL yang baru juga telah diperkenalkan bertepatan di ulang tahun Perseroan ke-24 pada 2020. Menjadi operator Telco yang bertumbuh paling cepat dengan penetrasi 30% ke atas turut berhasil di raih Perseroan, sebagai hasil dari akselerasi inisiatif penguatan kemitraan dan digitalisasi.
Pada sisi Mitra atau Pemasok, XL Axiata telah mempercepat penerapan sistem manajemen pemasok yang terintegrasi
di 2020. Mulai dari registrasi vendor, proses PR/PO, tender, hingga pembayaran. Hal ini
bertujuan agar SLA yang lebih cepat dan transparansi antara Perseroan dan Mitra.
Dari sisi masyarakat, Perseroan terus mengembangkan pemimpin masa dengan
dengan program XL Future Leader melalui e-workshop, menyelenggarakan kelas online maupun webinar pemberdayaan perempuan. Sedang dari sisi para Pemegang Saham, XL Axiata menjadi perusahaan terbuka pertama yang menyelenggarakan RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) di 2020, serta berhasil mendapat penghargaan IDX Channel Innovation Award 2020.
Tonggak penting yang juga berhasil dicapai Perseroan di 2020 adalah hadirnya Live.On, sebuah brand telekomunikasi digital baru yang memberikan pelanggan keleluasan mengatur penggunaan paket data miliknya sendiri. Live.On yang
di luncurkan pada hari jadi
XL Axiata ke-24 di 2020
ini, selain untuk menjawab kebutuhan pengguna layanan telekomunikasi milenial yang cerdas digital (digital savvy) mengakses layanan data dengan kendali penuh, Live.On juga memberikan kebebasan pelanggan menjalani gaya hidup digital mereka dengan cara mereka sendiri serta mendapat kecepatan akses maksimal dan akumulasi sisa data hingga 1.000 GB.
TRANSFORM FASTER TO EMERGE STRONGER – GIVING BACK TO THE NATION
PT. XL AXIATA TBK








































































   69   70   71   72   73