Page 70 - XL Axiata Integrated Anual Report 2020
P. 70
68
Laporan Tahunan Terintegrasi 2020
ANALISIS & PEMBAHASAN MANAJEMEN
• Dalam rangka menguatkan brand telekomunikasi digital Live.On dan memenuhi permintaan konsumen milenial yang
terus meningkat, XL Axiata juga telah menghadirkan pembayaran e-wallet melalui kemitraan dengan Gopay
dan ikut serta dalam GoPay Online Festival 2020 yang merupakan salah satu festival belanja e-Commerce terbesar di Indonesia. Sehingga memungkinkan konsumen memaksimalkan value dan dapat menikmati cashback.
• Untuk terus memberikan layanan home entertainment terbaik dan lengkap bagi pelanggan XL HOME, XL Axiata telah melakukan berbagai terobosan di 2020. Di antaranya bekerjasama dengan para penyedia layanan OTT terkemuka di Indonesia seperti Vidio yang menyajikan tayangan hiburan berkelas bagi pelanggan.
TUJUAN STRATEGIS
Tahun 2020 merupakan tahun yang sarat dengan tantangan luar biasa bagi mayoritas perusahaan maupun individual. Hal ini lantaran telah terjadi pandemi COVID-19 di Indonesia yang mendesak Pemerintah harus menerapkan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), meski dengan konsekuensi membuat roda ekonomi dan aktivitas sosial menjadi sangat terbatas di hampir sepanjang tahun. Imbasnya pun telah bermuara pada pelemahan daya beli masyarakat, sebagian besar perusahaan di berbagai sektor, hingga performa perekonomian nasional secara keseluruhan.
Selain berhadapan dengan tantangan kenormalan baru tersebut, XL Axiata juga masih dihadapkan dengan tantangan persaingan yang kian ketat. Karena tidak hanya XL Axiata yang harus melakukan banyak penyesuaian. Para kompetitor pun melakukan hal yang sama.
Dalam hal tarif, misalnya. Sejalan meningginya aktivitas bekerja dan belajar dari rumah, permintaan masyarakat akan layanan digital seperti Data tidak terbatas mengalami peningkatan begitu pesat. Namun kebutuhan tersebut disayangkan tidak seiring dengan daya beli masyarakat umum yang trennya
tengah melemah. Sehingga memicu semua perusahaan Telekomunikasi (Telco) ke arah perang tarif seluler selama 2020, utamanya di luar pulau Jawa (Ex-Java).
Menyikapi situasi dan kondisi yang dinamis tersebut, strategi jangka pendek Perseroan telah berupaya mengurangi bebagai dampak yang timbul serta
fokus pada digitalisasi bisnis seluler maupun peningkatan fixed broadband. Di saat yang bersamaan, Perseroan turut mempersiapkan strategi untuk jangka menengah-panjang yaitu menjadi #2 Integrated Operator. Hal ini untuk memastikan XL Axiata dapat berada di posisi terbaik khususnya pasca pandemi berakhir.
Beberapa tindakan yang
telah dilakukan Perseroan dalam jangka pendek di
2020 antara lain memperkuat saluran digital seperti terus menyempurnakan aplikasi
self service dalam hal promo atau personalisasi produk dan layanan XL, AXIS, maupun Prioritas; Mengakselerasi transformasi digital dari saluran tradisional eksis dengan adanya voucher digital, kunjungan penjualan secara virtual,
dan mengaktifkan metode pembayaran baru di gerai
ritel; Kemudian meningkatkan pelayanan melalui Omnichannel Customer Care dan atau kios digital; Serta meningkatkan dan mengoptimalkan kapasitas jaringan khususnya pada site yang sudah maksimal untuk meluaskan jangkauan.
Selain itu, untuk menyikapi perilaku dan preferensi masyarakat berinteraksi yang telah berubah secara signifikan selama 2020, XL Axiata juga telah melakukan sejumlah inisiatif digitalisasi di 2020. Dalam hal berinteraksi dengan
PT. XL AXIATA TBK
TRANSFORM FASTER TO EMERGE STRONGER – GIVING BACK TO THE NATION