Page 45 - XL Axiata Integrated Anual Report 2020
P. 45

  Laporan Tahunan Terintegrasi 2020
43
end to end untuk memastikan pasokan produk dan layanan selalu tersedia di pasar, serta pengelolaan kas secara optimal pada saluran tradisional RO untuk memitigasi dari dampak pandemi COVID-19.
Perseroan juga memiliki strategi jangka panjang dalam hal distribusi produk dan layanan yaitu mengusung konsep “semua orang dapat menjual”, dengan prasyarat distribusi tanpa batas sudah teraplikasi. Dalam situasi pandemi COVID-19 yang sulit dipastikan kapan akan berakhir, Perseroan berupaya mempercepat implementasi strategi jangka panjang tersebut. Baik itu dari aspek tenaga penjualan, peran saluran penjualan, maupun aspek integrasi kemitraan dengan platform digital.
RINGKASAN KINERJA
Dalam menghadapi tantangan pandemi dan kompetisi ketat, Perseroan konsisten menerapkan strategi dual brand maupun cepat beradaptasi guna memastikan kinerja komersial tetap solid di 2020. Terjadinya peningkatan jumlah pelanggan, Average Revenue Per User (ARPU), dan penetrasi smartphone mengafirmasi atas keberhasilan strategi dan upaya Perseroan tersebut di 2020.
Untuk memperkokoh posisi XL Prabayar di segmen White Collar dan Blue Collar dari para kompetitor, Perseroan memilih digitalisasi
sebagai kualitas pembeda yang menunjukkan keunggulannya. Sejalan dengan strategi ini,
dalam rangka menciptakan keunggulan unik yang berfokus pada pengalaman pelanggan, Perseroan melakukan peningkatan dan meluncurkan kembali aplikasi MyXL. Versi baru aplikasi ini memberikan berbagai tawaran terbaik kepada pengguna, produk eksklusif, dan pengalaman lebih optimal dengan user interface yang sepenuhnya baru. Adanya MyXL baru telah meningkatkan Monthly Active Users (MAU) sebesar 102,3% dan tingkat keterlibatan konsumen di media sosial meningkat 38,7% pada 2020.
MyXL baru telah meningkatkan Monthly Active Users (MAU) sebesar 102,3% dan tingkat keterlibatan konsumen di media sosial meningkat 38,7% pada 2020.
Menghadapi tantangan “New Normal”, XL juga memperkenalkan serangkaian produk baru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih optimal. Xtra Unlimited Turbo dirancang agar pelanggan tetap dapat memenuhi kebutuhan koneksinya pada masa yang belum pernah
terjadi sebelumnya ini. Fitur unlimited yang baru pertama kali ditawarkan ini memastikan pelanggan senantiasa terhubung dengan aplikasi-aplikasi pilihan, termasuk saat kuota utama habis, yaitu WhatsApp, Gojek, Facebook Instagram, dan Youtube. Melalui inisiatif seperti ini, XL Axiata berhasil meningkatkan jumlah Subscriber with Events (SW) sebesar 13,5% dari Januari hingga Oktober 2020.
Ada pula produk-produk yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan yang ditimbulkan fenomena baru berupa bekerja dan bersekolah dari rumah. Produk-produk ini disambut baik oleh pasar dan mencatat 200.000 transaksi per bulan.
Untuk lebih jauh menjawab kebutuhan pasar, Perseroan memperkenalkan produk baru dengan masa berlaku lebih singkat. Produk
ini mendapatkan respons yang sangat baik, sebagaimana tercermin dari jumlah pengguna yang lebih dari 2,5 juta pelanggan.
Kemudian dari sisi pengembangan produk dan layanan XL Prioritas yang mendukung aktivitas pelanggan di rumah guna mencegah penyebaran COVID-19 selama 2020, Perseroan antara lain
telah meluncurkan inovasi layanan fitur PRIO Flex yang akan mempermudah pelanggan membeli kuota tambahan atau booster ketika kuota utama mereka habis, Whatsapp Business yang melayani pelanggan setiap hari selama jam operasional (7 pagi – 11 malam) di nomor 0818-8000-55, dan meluncurkan paket Booster PRIO Bekerja & Belajar 30GB yang dapat mengakses aplikasi Work From Home dan Study From Home (WFH & SFH) selama 30 hari dengan harga Rp50 ribu dan pembelian pertama dihargai Rp10.
Selain itu, Perseroan juga meluncurkan myPRIO X Unlimited (Basic Monthly Plan) dan New myPRIO DEAL (Device Bundling Plan) untuk mengakomodasi permintaan kuota besar di saat WFH & SFH. Akses unlimited yang pelanggan dapatkan dari myPRIO X Unlimited berbeda- beda setiap plannya. Untuk Silver X dan Gold X memiliki kuota data besar dan unlimited akses aplikasi favorit, unlimited menelepon ke sesama nomor XL atau AXIS, dan unlimited kirim SMS
TRANSFORM FASTER TO EMERGE STRONGER – GIVING BACK TO THE NATION PT. XL AXIATA TBK
















































































   43   44   45   46   47