Page 47 - XL Axiata Integrated Anual Report 2020
P. 47
Laporan Tahunan Terintegrasi 2020
45
Peningkatan jumlah pengikut Axis di media
sosial sebesar
75%
serta memperkuat posisi Axis di kalangan kaum muda.
Layanan dan inovasi baru yang diluncurkan ke dalam aplikasi AXISnet telah menghasilkan peningkatan
300%
dari pengguna aktif per bulannya.
Axis telah
mengembangkan
jaringan
kerjasamanya
memiliki
lebih dari
80 partner.
mampu membangun portofolio yang komprehensif untuk melayani segmen anak muda. Hal ini dilakukan bersama dengan upaya mempersonalisasi layanan dan merancang tawaran unik bagi setiap pelanggan untuk meraih afinitas lebih kuat dan ARPU yang lebih tinggi.
Dari sisi segmen Enterprise, Perseroan terus berupaya memberikan solusi bisnis terbaik berupa layanan Connectivity Mobile dan Fixed untuk mendukung kerja dan belajar dari rumah, Cloud dan IoT (Internet of Things) untuk mendukung kebutuhan digitalisasi dan automasi, serta API dan
Data analytic utk mendukung kebutuhan Market Insight serta menjawab tantangan yang dihadapi pelanggan terutama selama masa pandemi COVID-19. Tantangan tersebut mencakup juga pengimplementasian digitalisasi di perusahaan pelanggan sehingga karyawan pelanggan efektif dalam bekerja, penjualan dan produktivitas meningkat, serta sukses menerapkan efisiensi biaya. Adapun solusi IoT yang diimplementasikan dan atau berlansung selama 2020 antara lain Smart Meter PLN di beberapa wilayah Jawa dan Sumatra, Smart Building di gedung Nutrifood, XL Smart Hydroponics pada Kebun Gizi Hidroponik Baitul Maal Hidayatullah (BMH) di Depok-Jawa Barat, dan XL Smart Poultry yang diaplikasikan pada PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk (sebelumnya PT Sierad Produce Tbk).
Dalam rangka mendukung program pemerintah, XL Axiata melalui
unit terkait di Enterprise, XL, Axis, serta XL Prio bekerjasama dengan Kemendikbud dan Kemenag berhasil menjalankan program kuota data khusus untuk belajar jarak jauh yang digunakan oleh siswa di semua jenjang pendidikan (paud sd universitas), guru, serta dosen. Program berjalan selama periode September-Desember 2020 dengan masa penggunaan kuota berlaku sampai dengan pertengahan februari 2021. Total sekitar 7 juta subscriber XL Axiata mendapatkan manfaat program tersebut, dengan penggunaan rata2 8 Giga data per siswa per bulan.
PANDANGAN KE DEPAN
Terjadinya pandemi di hampir sepanjang tahun 2020 telah mendorong Perseroan menyesuaikan strategi untuk tetap dapat meningkatkan distribusi serta mengubah cara bekerja dan beraktivitas lainnya. Pada saat yang sama, Perseroan mempercepat eksekusi strategi jangka panjang dengan pertimbangan perilaku pelanggan yang berubah selama ataupun setelah pandemi selesai. Ada hasil positif dengan Perseroan melakukan modifikasi strategi pada 2020.
Namun mengamati perkembangan pandemi yang diperkirakan masih berlangsung dalam waktu satu atau dua tahun ke depan, Perseroan melihat ada tantangan eksternal yang perlu terus dicermati untuk menjaga performa operasional dan bisnis tetap solid. Untuk mengatasi tantangan ini, Perseroan meyakini bahwa meningkatkan akuisisi pelanggan menjadi salah satu kuncinya. Oleh sebab itu penting bagi Perseroan terus melakukan ekspansi terutama di daerah yang pangsa pasar belum besar tetapi potensial untuk di kembangkan.
TRANSFORM FASTER TO EMERGE STRONGER – GIVING BACK TO THE NATION PT. XL AXIATA TBK