Page 44 - XL Axiata Integrated Anual Report 2020
P. 44

   42
Laporan Tahunan Terintegrasi 2020
ANALISIS & PEMBAHASAN MANAJEMEN
• Jumlah pelanggan XL Axiata terus menunjukkan peningkatan menjadi 57,9 juta pada 2020 meningkat 35,75% dari lima tahun sebelumnya.
• ARPU blended meningkat menjadi Rp36.000 di 2020 dari Rp35.000 di tahun 2019.
ARPU XL AXIATA (Rp ribu)
 prepaid
postpaid
Blended
36
  35 34 32 35
   SMARTPHONE PENETRATION
2016 2017 2018 2019 2020
• Tingkat penetrasi smartphone pelanggan XL Axiata meningkat menjadi 89% di 2020, bertambah 250 basis poin dibanding posisi lima tahun sebelumnya.
 72% 63%
2016 2017
2018
2019 2020
TUJUAN STRATEGIS
Pada tahun 2020, terjadinya pandemi COVID-19 tidak menghentikan XL Axiata
dalam memberikan layanan kepada semua segmen pelanggan. Bahkan justru memacu Perseroan dalam mengakselerasi kualitas
layanan guna memenuhi ekspektasi pelanggan serta memobilisasi penjualan. Untuk mengidentifikasi apa saja ekspektasi setiap segmen pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data, Perseroan memaksimalkan digitalisasi dengan Omnichannel Customer Value Management (CVM). Platform inovatif yang sudah diterapkan sejak 2018 ini sangat membantu Perseroan dalam proses pembuatan produk dan layanan baru bisa
lebih tepat, lebih terarah, serta sesuai dengan karakter setiap segmen.
Dalam hal penerapan strategi dual brand (XL dan AXIS), Perseroan telah berupaya memastikannya tetap relevan dengan tantangan kenormalan baru yang muncul di 2020. Salah satu adaptasi cepat
yang dilakukan Perseroan di 2020 adalah mengakselerasi transformasi digital proses bisnis dan operasional untuk mencapai keunggulan operasional. Baik itu dari sisi di internal maupun ke eksternal. Dalam hal ini tentunya termasuk di ruang lingkup komersial seperti marketing, sales, dan layanan pelanggan XL di segmen pasar White Collar dan Blue Collar, pelanggan AXIS di segmen pasar Youth, serta di segmen Enterprise.
Perseroan juga telah berusaha meyakinkan kelancaran distribusi produk dan layanan tetap berjalan di tengah penerapan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) oleh Pemerintah
dengan melakukan sejumlah penyesuaian di level operasional distribusi. Penyesuaian level operasional distribusi dimaksud di antaranya menyediakan dan menawarkan layanan pembelian kartu perdana maupun paket data secara gencar via saluran Retail Outlet (RO) online atau platform online milik sendiri. Penawaran tersebut di bundel dengan program bebas ongkos kirim yang tentunya sesuai syarat dan ketentuan berlaku.
Sedangkan penyesuaian lainnya adalah melakukan observasi pemetaan persediaan secara
PT. XL AXIATA TBK
TRANSFORM FASTER TO EMERGE STRONGER – GIVING BACK TO THE NATION
86% 80%
89%
30
34
33
33
34
103
110
116
114
111

























































   42   43   44   45   46