Page 77 - XL Axiata Integrated Anual Report 2020
P. 77
Laporan Tahunan Terintegrasi 2020
75
Manajemen Talenta
Untuk memastikan kontinuitas bisnis dan kinerja Perseroan, telah diidentifikasi posisi-posisi tertentu dalam XL Axiata yang berdampak langsung terhadap keduanya. Menimbang nilai strategis dari posisi-posisi
itu, Perseroan umumnya membutuhkan waktu untuk menemukan talenta dengan kompetensi yang sesuai.
Berdasarkan hal tersebut, Perseroan memerlukan rencana suksesi untuk memastikan pergantian talenta berlangsung lancar. Untuk itu, XL Axiata memiliki Talent Pool internal untuk mencari calon penerus atau calon pimpinan senior termasuk calon Direksi. Selain Talent Pool internal, XL Axiata juga bekerja sama dengan Axiata untuk mengintegrasikan talent pool dengan Grup.
Dalam acara tersebut, tidak
ada kandidat khusus yang tersedia di XL Axiata dan
Axiata ‘Talent Pool, sehingga
XL Axiata bekerja sama dengan perekrut profesional untuk mencari kandidat yang sesuai. Panel ini secara sistematis mengidentifikasi kompetensi yang diperlukan masing-masing posisi dan menilai kompetensi kandidat pada saat ini. Pengembangan calon penerus suatu posisi dilakukan dengan konsep 70-20-10, yaitu 70% porsi pengembangan dengan memberikan kandidat eksposur ke posisi/area yang ditargetkan, 20% pengembangan dilakukan melalui mentoring, dan 10% pengembangan dilakukan melalui pelatihan formal.
Kesejahteraan
Karyawan
Seluruh jajaran manajemen berkomitmen untuk mewujudkan kesejahteraan karyawan sesuai dengan misi Perusahaan, yaitu menjadikan XL Axiata rumah kedua bagi
karyawan. Oleh karena itu, Perusahaan mengembangkan sistem remunerasi yang kompetitif untuk menarik kandidat berkualitas, mempertahankan karyawan kompeten, dan mendorong karyawan untuk menunjukkan kinerja terbaiknya. Sistem remunerasi dirancang secara obyektif dan sejalan dengan pencapaian, jabatan, dan kompetensi karyawan. Hal tersebut terangkum dalam prinsip 3P yaitu Pay for Position (memberikan gaji berdasarkan jabatan), Pay
for Person (memberikan gaji berdasarkan keahlian), dan Pay for Performance (memberikan gaji berdasarkan kinerja).
Untuk memastikan remunerasi yang kompetitif, Perseroan terus melakukan survei remunerasi
dan melakukan analisis berkala terhadap perusahaan-perusahaan di industri serupa. Remunerasi karyawan terdiri dari komponen tunai dan non tunai, seperti gaji pokok, tunjangan komunikasi dan transportasi, dan bonus tahunan. Perseroan juga memberikan insentif jangka panjang bagi seluruh karyawan dalam bentuk uang tunai atau saham.
Let’s Learn Program (LLP) dan Flexible Program (FlexPro)
juga tersedia untuk karyawan dan keluarganya. Sebagai bagian dari total remunerasi tahunan, LLP dan FlexPro adalah program tunjangan tidak tetap yang bergantung pada kinerja Perusahaan dan masing- masing karyawan. Dimulai pada tahun 2015, pada tahun 2020 Perseroan telah meningkatkan kegunaan kedua program
ini. Kini, LLP dan FlexPro
tidak hanya berguna untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga dalam hal perjalanan, kesehatan, pensiun, cuti tambahan,
dan peningkatan (upgrade) asuransi kesehatan baik bagi
karyawan maupun keluarganya (pasangan dan anak). Contoh kegiatan program pendidikan meliputi kursus (memasak, perencanaan keuangan, dll), program sertifikasi, membeli buku, mendanai sekolah anak, dan kegiatan pengembangan individu lainnya.
Menimbang konteks tantangan yang unik pada tahun 2020, dengan sebagian besar keluarga diharuskan bekerja dan belajar dari rumah, Perseroan memperbolehkan program FlexPro digunakan oleh karyawan untuk membeli sarana berkegiatan di rumah, seperti laptop, meja kerja,
kursi ergonomis, tablet PC,
dan alat olah raga. Dukungan semacam ini menunjukkan komitmen Perseroan terhadap kesejahteraan karyawan dan dengan demikian mendapatkan apresiasi khusus dari para karyawan XL Axiata.
Kesehatan dan Keselamatan Kerja Karyawan
Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sangatlah penting. Untuk membangun kesadaran K3, Perseroan telah membentuk Panitia Pengembangan
K3 (P2K3), yaitu tim yang terdiri dari pihak manajemen dan karyawan dari masing- masing enam kantor wilayah operasional. Tim membuat laporan kinerja keselamatan triwulanan sebagai evaluasi Perusahaan dan perencanaan keselamatan untuk mencegah insiden di tempat kerja. Perseroan juga telah melaksanakan berbagai program kesehatan kerja.
XL Axiata menyediakan berbagai sarana, seperti fasilitas olah raga, pelaksanaan tindakan kuratif dan preventif, pemeriksaan kesehatan rutin, dan penyuluhan kesehatan
TRANSFORM FASTER TO EMERGE STRONGER – GIVING BACK TO THE NATION
PT. XL AXIATA TBK