Page 67 - XL Axiata Integrated Anual Report 2020
P. 67

  Laporan Tahunan Terintegrasi 2020
65
TUJUAN STRATEGIS
Visi TI XL Axiata adalah memberikan layanan terbaik kepada pelanggan eksternal dan internal. Terdapat tiga tujuan strategi yang menjadi fokus Perseroan untuk mewujudkan visi ini, yaitu touchpoints yang terdigitalisasi, proses internal yang ramping dan berjalan secara otomatis, dan keamanan dan privasi data yang solid. Lebih jauh, strategi ini ditopang oleh pilar digitalisasi dan keunggulan operasional.
Strategi di atas tidak lepas
dari konteks situasi COVID-19 yang melingkupi tahun 2020. Pada masa pandemi, Perseroan menyadari bahwa kebutuhan pelanggan terhadap proses digital meningkat secara drastis, baik di kalangan pelanggan eksternal maupun internal. Pada saat yang sama, Perseroan juga harus mengantisipasi kejahatan dunia maya yang terus meluas. Menanggapi tantangan tersebut, direktorat Information Digital & Technology senantiasa berupaya meningkatkan kualitas kerja organisasi. Langkah- langkah yang diterapkan meliputi penyelarasan diri dengan model digitalisasi terkini yang berlaku di pasar dan menguatkan aspek keamanan dan privasi data agar proses digitalisasi secara keseluruhan dapat berlangsung, namun dengan tetap mengutamakan tanggung jawab Perseroan terhadap data organisasi dan pelanggan.
Digitalisasi sendiri dilakukan pada dua tataran. Untuk pelanggan eksternal, yang pada saat ini menjadikan touchpoint digital sebagai preferensi utama, Perseroan berupaya memberikan kemudahan
dalam berbagai hal, mulai
dari pembelian paket data, akses kepada promosi, dan layanan pelanggan. Sementara itu, untuk pelanggan internal, digitalisasi dilaksanakan di seluruh lini organisasi untuk mengakomodasi kebutuhan bekerja dari rumah. Perseroan meyakini percepatan digitalisasi dan otomatisasi berpengaruh posifif pada peningkatan efisiensi dan kesiapan menuju keunggulan operasional.
Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi secara keseluruhan, Perseroan kembali memilih SAP untuk solusi ERP (Enterprise Resource Planning) berbasis cloud. ERP bermanfaat mendukung tata kelola, pengambilan keputusan, dan aktivitas operasional yang lebih baik.
Dalam hal keamanan, Perseroan mengikuti praktik terbaik
dari grup Axiata dan standar internasional, seperti yang diterbitkan oleh National Institute of Standards and Technology (NIST) dan International Organization for Standardization (ISO) 27001. Peningkatan tata kelola data, privasi data, dan teknologi keamanan yang diterapkan, serta pelaksanaan digitalisasi,
memastikan direktorat TI dapat mendukung Perseroan memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan.
RINGKASAN KINERJA
Pada tahun 2020, dalam hal digitalisasi teknologi informasi untuk pelanggan Perseroan antara lain memodernisasi touchpoints digital (MyXL, Axisnet, SiDompul) baik dari sisi User Interface maupun
User Experience (UI/UX) untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Selain itu, Perseroan juga memigrasikan touchpoints digital ke aplikasi cloud-native guna memastikan keandalan dan skalabilitasnya. Hasilnya pengembangan aplikasi
MyXL mendapat respon positif dari pelanggan yang ditandai dengan pencapaian 1,7 juta Monthly Active Users (MAU) dalam waktu dua minggu setelah peluncuran. Subscribers Axisnet yang telah menggunakan pengembangan aplikasi Axisnet juga telah mencapai 20%.
Selanjutnya, dari segi digitalisasi teknologi informasi untuk proses bisnis internal di tengah situasi pandemi COVID-19, Perseroan mampu beradaptasi secara cepat dalam mempersiapkan sistem dan infrastruktur. Dengan demikian, karyawan dipastikan tetap dapat bekerja walau dilakukan dari rumah. Digitalisasi bahkan mampu meningkatkan produktivitas karyawan. Digitalisasi juga berhasil
TRANSFORM FASTER TO EMERGE STRONGER – GIVING BACK TO THE NATION
PT. XL AXIATA TBK















































































   65   66   67   68   69