Page 32 - XL Axiata Integrated Anual Report 2020
P. 32

  30
Laporan Tahunan Terintegrasi 2020
LAPORAN MANAJEMEN
menunjukkan terdapat lebih dari 70 juta penduduk Indonesia tanpa akses internet dan sebagian berada di luar Pulau Jawa. Selain itu, terdapat
pula peluang memperluas cakupan layanan fixed broadband di samping meningkatkan penetrasi smartphone.
Meninjau kondisi di atas, XL Axiata memilih untuk tetap optimis di tengah situasi yang menantang dan berfokus pada berbagai peluang yang
ada, baik peluang baru maupun kesempatan meningkatkan layanan yang telah kami miliki.
Kami siap mendukung perkembangan masyarakat digital sebagai operator seluler Strong #2 sambil meneruskan perjalanan kami menjadi pemain industri yang sepenuhnya terkonvergensi. Kami juga terus berkomitmen mendukung masyarakat Indonesia dalam masa sulit ini sembari menyiapkan organisasi untuk menyambut masa depan baru selepas pandemi.
TUJUAN STRATEGIS
Secara jangka panjang, strategi utama kami mencapai keunggulan operasional untuk menjadi Pemain Digital Terkonvergensi penuh yang pertama di industri telekomunikasi Indonesia. Untuk memungkinkan XL Axiata mewujdkan visi ini, tujuan jangka pendek dan menengah yang kami miliki meliputi digitalisasi bisnis mobile dan meningkatkan kehadiran layanan broadband. Realisasi tujuan pertama berarti mendigitalisasi brand kami, yakni XL, termasuk Prioritas, dan Axis. Kami antara lain menawarkan model distribusi digital, meningkatkan penggunaan iklan digital, dan mendigitalisasi layanan pelanggan. Strategi digitalisasi XL Axiata juga nyatanya sejalan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Perilaku konsumen dan preferensi konsumen dalam berinteraksi dengan berbagai jenis layanan berubah drastis akibat Covid -19. Perubahan ini kami yakini akan bertahan setelah wabah berhasil diatasi kelak. Dalam hal kehadiran kami di wilayah-wilayah
selain Pulau Jawa, dapat kami sampaikan bahwa perhatian kami terhadap pasar ex-Java telah dimulai sejak tahun 2016. Kami yakin akan terus merekam pertumbuhan di luar Pulau Jawa berkat kesiapan infrastruktur XL Axiata setelah kami dengan jeli mengidentifikasi potensi ini.
Selanjutnya, dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik untuk memperluas pangsa pasar, kami telah melakukan berbagai program sepanjang tahun 2020. Di bawah brand XL, kami meluncurkan XTRA Unlimited Turbo pada bulan Maret 2020. Paket ini dirancang untuk pelanggan prabayar dan bertujuan membantu mereka tetap terkoneksi pada kecepatan tinggi
dengan aplikasi-aplikasi andalan saat kuota utama habis. Kami juga menawarkan paket-paket edukasi dan konferensi video untuk mendukung kegiatan bekerja dan belajar dari rumah dengan harga terjangkau mulai dari Rp1.000. Selain
itu, mengenali kebutuhan pelanggan prabayar terhadap produk yang lebih ramah biaya, kami menawarkan serangkaian produk dengan masa berlaku lebih singkat.
Untuk pelanggan XL PRIORITAS, pada awal tahun 2020 kami meluncurkan inovasi terbaru PRIO Flex, fitur top up saldo yang bermanfaat memudahkan pelanggan membeli paket booster dan membayar tagihan pemakaian layanan. Kemudian, pada
bulan April, kami meluncurkan paket booster khusus untuk pelanggan PRIORITAS, PRIO Booster Bekerja & Belajar, yang bertujuan mengakomodasi kebutuhan keluarga untuk berkegiatan dari rumah. Pada bulan September, kami kembali memperkuat produk utama PRIORITAS dan meluncurkan myPRIO X Unlimited, untuk paket bulanan, dan New myPRIO Deal, yang dipaketkan dengan pembelian gawai.
Sementara itu, brand AXIS terus memperkuat
dan menyempurnakan proposisinya sebagai
brand terdepan bagi kaum muda Indonesia. Fokus AXIS pada layanan digital dan kebijakan yang berpusat pada pelanggan membuat AXIS bertahan sebagai operator andalan di kalangan anak
muda. Untuk mendukung kebutuhan pendidikan pelajar, AXIS meluncurkan paket data khusus edukasi. Berkomitmen memastikan ketersediaan konektivitas yang berkesinambungan, kami juga meluncurkan paket Warnet. Paket ini adalah
paket ekonomis dengan masa berlaku satu jam agar anak-anak muda tetap dapat mengakses layanan data yang dibutuhkan. AXIS juga sudah memperluas jaringan kerja samanya dan kini memiliki lebih dari 80 mitra dari kalangan penyedia konten dan gaming. Kemitraan ini memungkinkan AXIS melengkapi portofolio layanannya bagi segmen sasaran. Selanjutnya, kampanye
digital AXIS “Kompak Walau Berjarak”, yang menghadirkan kegiatan seperti online campus, turnamen e-sport, dan acara musik digital, dinilai sebagai salah satu kampaye digital paling berhasil di industri.
Perluasan kemitraan juga kami lakukan untuk pelanggan XL HOME, yaitu dengan penyedia konten seperti Vidio.com dan Netflix. Untuk segmen Enterprise, kami menguatkan layanan kolaborasi, Cloud Services, dan Internet of Things dalam rangka menjawab kebutuhan pelanggan pada segmen ini, yaitu memberikan layanan digital, meningkatkan efektivitas kolaborasi antarpegawai,
PT. XL AXIATA TBK TRANSFORM FASTER TO EMERGE STRONGER – GIVING BACK TO THE NATION











































































   30   31   32   33   34