Page 208 - XL Axiata Integrated Anual Report 2020
P. 208

   206
Laporan Tahunan Terintegrasi 2020
DATA PERUSAHAAN
  08
XL Axiata memperkuat komitmen untuk selalu mendukung pembangunan nasional melalui bidang telematika. Menginjak usia yang ke-24 tahun berkiprah sebagai operator telekomunikasi dan data di Indonesia, XL Axiata menyadari sepenuhnya atas urgensi bidang telematika
yang digelutinya sebagai salah satu penopang utama percepatan pembangunan nasional. Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini menegaskan, XL Axiata akan berusaha selalu menyelaraskan kepentingan usaha dan bisnis dengan dukungan kepada visi pembangunan yang dijalankan pemerintah.
16
Memaknai hari jadi ke-24, karyawan XL Axiata kembali melakukan kegiatan sosial melalui Program “Employee Berbagi” (Bersama Bangun Negeri). Kali ini program sosial yang dilakukan yakni mendanai pembangunan sebuah balai energi listrik untuk warga di area pelosok yang belum mampu terjangkau aliran listrik. Balai energi tersebut berlokasi di Dusun Sebongkup, Desa Nanga Biang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Biaya pembangunan berasal
dari donasi karyawan, wakaf manajemen, dan donasi pelanggan melalui program SMS Donasi. Pembangunan akan dimulai pada pertengahan Oktober 2020 dan diperkirakan rampung pada Desember 2020.
20
XL Axiata menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang menggunakan SAP S/4 HANA Cloud sebagai bagian dari strategi perusahaan menjadi pelopor di industri telko dan memimpin transformasi digital untuk operasional yang end-to-end. Sebagai pemimpin di industri telko yang sangat dinamis dan penuh dengan tuntutan, XL Axiata telah menjadikan transformasi digital perusahaan sebagai bagian utama dari strategi bisnis mereka yang pada akhirnya akan memberikan efisiensi dan efektivitas yang lebih baik untuk tata kelola yang baik, pengambilan keputusan dan aktivitas operasional yang lebih baik.
23
XL Axiata terus mengembangkan solusi berbasis Internet of Thing (IoT) yang mengakomodir para pelaku usaha dari berbagai segmen. Bagi kalangan petani tambak, XL Axiata mengembangkang solusi precision farming bernama “XL Smart Aquaculture”. Solusi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas budidaya ikan dan udang. Diimplementasikan oleh sejumlah petani tambak ikan kerapu dan udang di Jawa Timur, solusi ini terbukti mampu meningkatkan produktivitas rata- rata sebesar 20%.
November 11
Salah satu solusi berbasis Internet of Thing
(IoT) yang saat ini XL Axiata terus kembangkan ditujukan untuk melayani pelaku industri pertanian, termasuk urban farming. Solusi precision farming tersebut diberi nama “XL Smart Hydroponics”. Sesuai dengan namanya, solusi ini dibangun
untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas pertanian yang menggunakan teknik hidroponik. Penggunaan solusi berbasis IoT ini terbukti berhasil mampu meningkatkan produktivitas petani hingga lebih dari dua kali lipat. Pengembangan layanan inovatif berbasis IoT ini merupakan bagian dari transformasi digital yang sedang XL Axiata jalankan
17
XL Axiata terus berupaya meningkatkan
kualitas layanan kepada pelanggan agar mampu mendorong penjualan. Menyesuaikan dengan tren belanja masyarakat melalui saluran digital, XL Axiata bekerja sama dengan Tokopedia menerapkan platform Multi Channel Campaign Management (MCCM) yang mampu memberikan penawaran produk berdasarkan profil setiap pelanggan. Penerapan teknologi inovatif ini tentu juga mempertimbangkan sisi keamanan dan perlindungan atas data pribadi pelanggan.
    PT. XL AXIATA TBK TRANSFORM FASTER TO EMERGE STRONGER – GIVING BACK TO THE NATION














































































   206   207   208   209   210