Page 39 - XL Axiata Integrated Anual Report 2020
P. 39

  Laporan Tahunan Terintegrasi 2020
37
PDB Sektor Informasi dan Komunikasi yang Resilien Sektor informasi dan komunikasi adalah salah satu dari sedikit sektor yang tetap bertumbuh sepanjang tahun 2020, bahkan mencapai 10,61% (yoy) pada triwulan III. Hal ini didukung kebutuhan terhadap sarana informasi dan komunikasi yang meningkat pesat selama masa pandemi, dipadukan dengan kesiapan infrastruktur seperti Palapa Ring dan jaringan 2G/3G/4G. Dengan pertumbuhan PDB ini, sektor informasi dan komunikasi mampu menyumbang sekitar 4,66% kepada total PDB nasional.
Digitalisasi Tumbuh Kuat
Masa pandemi menjadi momentum baru bagi pertumbuhan dunia digital
di Indonesia. Pembatasan kegiatan di ruang-ruang publik menjadi pemicu utama adopsi penggunaan sarana internet secara masif, termasuk di sektor pendidikan yang secara
tradisional berlangsung di ruang- ruang kelas. Per Januari 2020, laporan Hootsuite dan We Are Social menyebutkan angka
175,4 juta pengguna internet di Indonesia. Pada November 2020, survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), menyebutkan angka 196,71 juta pengguna internet atau tingkat penetrasi 73,7% dari 64,8%
pada tahun 2018. Sebagian besar pengguna ini, menurut survei APJII, mengakses internet menggunakan ponsel pintar dengan 97,1% mengandalkan paket data operator seluler. Kenaikan ini sejalan dengan laporan terbaru dari Google, yang menyatakan bahwa 37% pengguna layanan digital di Indonesia adalah pengguna baru. Aplikasi digital pun kini tidak hanya digunakan untuk kebutuhan leisure, tetapi juga kebutuhan primer seperti bekerja, membeli bahan pangan, dan melakukan transaksi perbankan. Laporan Google juga menyatakan bahwa perilaku
digital yang berkembang di masa pandemi akan bertahan di masa- masa mendatang.
Momentum Bagi Industri Telekomunikasi Perkembangan situasi pada 2020 tak pelak memberikan peluang bagi industri telekomunikasi. Dengan penggunaan smartphone yang tinggi, pemain- pemain industri berkesempatan memperluas pangsa pasar dan menghadirkan inovasi baru yang akan membawa pengalaman pelanggan ke tingkat berikutnya. Meskipun daya beli masyarakat tengah menurun, prospek pemulihan menunjukkan inilah saat yang tepat bagi pemain industri untuk menyiapkan diri untuk menangkap peluang ke depan. Momentum pertumbuhan dapat dilihat antara lain dari penetrasi smartphone yang diperkirakan mencapai 70,1% sepanjang tahun 2020 dari hanya 28,6% pada tahun 2015.
  STRATEGI USAHA
Pada tahun 2020, XL Axiata mempertahankan strategi dual-brand
yang berfokus pada XL dan AXIS dengan segmen pasar berbeda,
yaitu XL untuk kalangan white dan blue collar & Axis untuk
kelompok anak muda. Fokus ini diimbangi dengan berbagai inisiatif pengembangan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan
serta situasi pasar. Menggunakan sistem informasi teknologi,
kecerdasan buatan, dan analitik data, XL Axiata pun mampu
mengenali kebutuhan setiap segmen. Hasilnya adalah penawaran-
penawaran baru seperti XTRA UNLIMITED TURBO dan Unlimited 1
jam untuk pelanggan prabayar XL, paket Edu-pack untuk pelanggan
Axis, dan myPRIO x unlimited untuk pelanggan Prioritas. Perseroan
juga menyempurnakan platform digital layanan pelanggan myXL dan Axisnet.
Fokus lain strategi XL Axiata diarahkan pada keunggulan operasional. Sasaran strategi ini adalah menghasilkan dividen untuk pemegang saham yang bersifat progresif dan menciptakan keleluasaan keuangan perusahaan sebagai stimulan pertumbuhan dan investasi inovasi. Untuk mencapai keunggulan operasional, XL Axiata membagi strategi bisnis menjadi tiga sub strategi. Satu, pengalokasian besaran modal berdasarkan
tujuan strategis, dengan tujuan dapat membentuk portofolio optimal antara imbal hasil dan risiko serta menumbuhkankembangkan setiap lini bisnis. Dua, mendorong keunggulan operasional agar lebih efisiensi dan sigap. Tiga, mendukung semua pemangku kepentingan dengan mempromosikan dan melindungi
kepentingannya. Perseroan juga memiliki ambisi menjadi pemain industri yang paling terkonvergensi. Untuk
TRANSFORM FASTER TO EMERGE STRONGER – GIVING BACK TO THE NATION PT. XL AXIATA TBK
    







































































   37   38   39   40   41