Page 27 - XL Axiata Integrated Anual Report 2020
P. 27
Laporan Tahunan Terintegrasi 2020
25
144.000 menara BTS
per akhir 2020
pertumbuhan pangsa pasar menjadi 19,6%, pelanggan menjadi 57,9 juta orang, dan penetrasi smartphone ke 89%.
Perseroan pun diakui sebagai Asia’s Most Influential Companies dan Top Community Care Companies in Asia dalam ajang Asia Corporate Excellence & Sustainability Awards (ACES) 2020 dan mendapatkan Honorable Mention dalam kategori “Community and Industry Engagement” di ajang Asia Pacific WEPs Award 2020 yang diselenggarakan oleh UN Women Indonesia.
rancangan produk sebagai cara Perseroan menjawab kebutuhan pasar dan mempertahankan keunggulannya dengan inovasi sebagai DNA organisasi.
Kejelian strategi usaha Perseroan membuahkan hasil yang memuaskan.
Kesiapan infrastruktur dan layanan—dengan total lebih
dari 144.000 menara BTS per akhir 2020—menghasilkan pertumbuhan pangsa pasar menjadi 19,6%, pelanggan menjadi 57,9 juta orang, dan penetrasi smartphone ke 89%. ARPU campuran turut naik ke Rp36,000 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Angka-angka ini tercermin dari kinerja keuangan Perseroan. Pendapatan layanan tumbuh
6% ke Rp24,13 triliun, EBITDA tumbuh 31% ke Rp13,06 triliun, dan laba bersih setelah pajak
dan normalisasi tercatat Rp679 miliar. Secara keseluruhan, kondisi neraca keuangan Perseroan berada pada posisi yang sehat. Dari segi likuiditas, XL Axiata saat ini tidak memiliki pinjaman dalam denominasi US Dollar,
67% pinjama, obligasi, dan sukuk memiliki tingkat bunga mengambang.
Selain kinerja operasional dan keuangan, kiprah XL Axiata di bidang sosial dan lingkungan hidup pun patut diapresiasi. Bersama dengan berbagai entitas lain, XL Axiata turut bergerak menanggapi krisis kesehatan dengan pelindung diri (APD) untuk tenaga medis, donasi dana untuk pekerja sektor informal, dan donasi sembako. Selain itu, Perseroan mendukung Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengirim SMS blast kepada pelanggan berisi informasi kesehatan penting. Pelanggan Perseroan juga mendapatkan
akses bebas ke situs dan hotline resmi penanggulangan wabah. Ada pula donasi kuota 2GB per hari agar pelanggan dapat tetap aktif bekerja dan belajar dari rumah. Pada saat yang sama, Perseroan tetap melaksanakan berbagai inisiatif pemberdayaan masyarakat, seperti program tahunan XL Future Leaders
dan program berkelanjutan Sisternet.
Perseroan pun diakui sebagai Asia’s Most Influential Companies dan Top Community Care Companies in Asia dalam ajang Asia Corporate Excellence & Sustainability Awards (ACES) 2020 dan mendapatkan Honorable Mention dalam kategori “Community and Industry Engagement” di ajang Asia Pacific WEPs Award 2020 yang diselenggarakan oleh UN Women Indonesia.
Pandangan atas Prospek Usaha
Berdasarkan perkembangan sejauh ini, kami yakin bahwa industri telekomunikasi, dan
XL Axiata khususnya, memiliki ruang pertumbuhan yang besar. Secara wilayah, daerah-daerah di luar Jawa menawarkan potensi signifikan. Hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)
tahun 2020 menunjukkan bahwa 55% pengguna internet terpusat di Pulau Jawa. Artinya, masih ada kesempatan yang leluasa bagi XL Axiata untuk berkembang di wilayah- wilayah lain, mempertahankan kinerja yang solid, dan tetap menjadi operator Strong #2 di Indonesia.
Selain itu, dengan beralihnya internet menjadi salah satu kebutuhan utama, inovasi
TRANSFORM FASTER TO EMERGE STRONGER – GIVING BACK TO THE NATION
PT. XL AXIATA TBK