Page 10 - XL Axiata Integrated Anual Report 2020
P. 10
8 Laporan Tahunan Terintegrasi 2020
CREATING VALUE FOR
STAKEHOLDERS
Average Revenue
per User (ARPU)
blended
menjadi Rp36.000 atau tumbuh
2,86% (YoY).
PELANGGAN
Jumlah Pelanggan
57,9 juta
dari 56,7 juta di periode yang sama
tahun sebelumnya
Penetrasi pengguna smartphone naik menjadi
89%
atau 51,5 juta dari total pelanggan dan meningkatkan kontribusi pendapatan dari layanan data menjadi 92% dari total pendapatan layanan perusahaan.
Customer Experience
Mengutamakan pengalaman pelanggan, XL Axiata telah membentuk Direktorat Pengelolaan
Layanan dan Customer Experience & Service Operation Center (CE & SOC). Perseroan juga
secara rutin mengukur kepuasan pelanggan melalui survey internal dan melaksanakan Net
Promotor Survey (NPS) dengan pihak independen, yang mengukur pengalaman dan merek pelanggan. Skor kepuasan pelanggan hasil survei 2020 adalah 88,5.
naik
XL Axiata terus berupaya meningkatkan customer experience XL dan Axis dengan mengeluarkan produk dan layanan yang inovatif. Beberapa produk dan layanan terbaru yang dikeluarkan selama 2020 adalah:
• Pelanggan XL Prioritas kini
dapat menikmati PRIO Flex, fitur top up saldo untuk pembelian paket booster dan pembayaran tagihan layanan. Perseroan juga meluncurkan booster khusus Prioritas, PRIO Booster Bekerja & Belajar, serta paket myPRIO x Unlimited dan New myPRIO Deal.
• Pelanggan XL berkesempatan menikmati
tawaran XTRA Unlimited Turbo, paket edukasi dan konferensi video mulai dari Rp1000, dan berbagai produk dengan masa berlaku singkat untuk harga yang lebih terjangkau.
• Pelanggan XL Home kini dapat menikmati lebih banyak konten hiburan melalui kerja sama Perseroan dengan penyedia konten seperti Vidio dan Netflix.
• Pelanggan Axis mendapatkan revamped Alifetime yang meningkatkan pengalaman pelanggan dengan fitur
baru seperti Kuota Darurat dan perpanjangan masa
berlaku nomor; dan paket Warnet, paket per jam untuk memenuhi kebutuhan anak muda. AxisNet semakin digemari dan menjadi platform andalan tidak hanya untuk membeli data tetap juga token game mobile. Axis juga memperpanjang kemitraan dengan lebih dari 80 penyedia konten dan game publisher.
• Baik XL dan Axis mengalami peningkatan NPS sepanjang 2020, per akhir tahun menjadi yang terdepan berdasarkan kepuasan pelanggan dilihat dari target segmennya.
PT. XL AXIATA TBK
TRANSFORM FASTER TO EMERGE STRONGER – GIVING BACK TO THE NATION